Mendagri Minta Daerah Reformasi Pelayanan Publik

By Admin

nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan terus mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk melakukan reformasi pelayanan publik. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pemerataan pembangunan. 

Tjahjo mengatakan, hal ini selalu menjadi arahan Presiden Joko Widodo kepada dirinya, selaku Mendagri. Makanya, ia menginstruksikan agar jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan pemda memberikan kemudahan investasi bagi kalangan pembisnis. 

“Kalau ekonomi dan penyerapan berjalan baik, pasti pertumbuhan ekonomi masyarakat bergerak. Mereka dapat menikmati produk dan hasilnya karena pemerataan pembangunan tercapai, serta rakyat semakin sejahtera,” kata Mendagri Tjahjo, Senin (25/7). 

Menurut dia, Presiden Jokowi secara tegas meminta agar penyerapan anggaran di daerah bisa optimal. Dengan maksimalnya pertumbuhan daerah, maka hubungan dan tata kelola pemerintah dari pusat ke daerah semakin efektif, efisien demi memperkuat otonomi daerah. 

Sebelumnya, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi terus menguat. Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa saat ini 67 persen warga Indonesia menyatakan puas dengan kinerja Jokowi sementara hanya 30 persen kurang/tidak puas. 

Sebagai perbandingan, satu tahun lalu (Juli 2015), yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi baru mencapai 41 persen sementara yang menyatakan kurang/tidak puas mencapai 55 persen. (p/ab)